Berita

Semakin Maju, Desa-desa Ini Membuat Aplikasi di Playstore

Hadirnya internet di desa membangkitkan terobosan-terobosan baru. Meskipun belum semua desa di Indonesia tersentuh oleh internet, namun beberapa desa yang sudah merasakannya tidak ingin membuang kesempatan berharga itu. Bermacam inovasi diciptakan dari hadirnya internet dengan berbagai macam tujuan pula, seperti membangkitkan geliat ekonomi dan atau memberi kemudahan warga dalam mengakses pelayanan.

Ngojol

Moda transportasi online saat ini seperti kebutuhan yang sangat diperlukan bagi banyak orang. Lahirnya ide cemerlang itu memberi kemudahan bagi siapapun yang hendak bepergian namun terbatas oleh fasilitas kendaraan atau pun faktor-faktor lain yang dapat menghambat perjalanan. Sayangnya, akses ojek online baik Grab dan Gojek belum terlalu menjangkau beberapa daerah di Indonesia, sering kali desa-desa yang letaknya jauh dari pusat kota belum dapat merasakan kebermanfaatan ojek berbasis internet tersebut. Melihat celah kecil itu, Kepala Desa Krandegan di Kabupaten Purworejo berinisiatif memenuhi kebutuhan transportasi bagi warganya dengan menciptakan Ngojol (Ngojek Online) dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di Playstore. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur pesan antar makanan, bahkan menghadirkan pengojek khusus wanita.

Smart Village Labanan Makmur

Inovasi yang mengedepankan teknologi digital dalam pelayanan masyarakat, sehingga pelayan jauh lebih mudah, cepat, dan dapat diakses di mana pun dan kapan pun telah lahir di Kampung Labanan Makarti, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur dengan menyematkan nama Labanan Makmur sebagai aplikasi di Playstore. Mengusung inovasi Smart Village dan masih dalam genggaman euforia era digital, Kampung Labanan Makmur menginisiasi pasar desa secara daring. Terobosan-terobosan yang coba dilakukan tidak berhenti pada pasar desa. Selain itu, sebuah langkah mencapai desa mandiri dan modern dieksekusi melalui pembuatan fitur analisis. Kreatifitas atas pemanfaatan teknologi digital menyajikan kemudahan analisis yang berguna sebagai alat bantuan untuk melihat monografi kampung melalui aplikasi Labanan Makmur. Semua fasilitas tersebut dapat diakses oleh seluruh masyarakat dengan syarat sudah terdaftar di kampung dan cara masuk ke aplikasi hanya dengan menggunakan QR Code.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *