Berita

Fasilitator Mengajak Peserta Pelatihan dan Pedampingan Akademi Sigap untuk Lebih Interaktif

Kampoeng Mataraman, Bantul – DIY,  Webinar seri 13 sesi kedua Pelatihan dan Pedampingan Akademi Kampung Sigap Kabupaten Berau, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur dilaksanakan Senin, 12 April 2021 pukul 12.30 -14.30 WIB. Kegiatan Webinar khusus untuk BUMK kali ini, masih dipandu oleh mentor virtual  dari  Yayasan Sanggar Inovasi Desa (YSID) yaitu Joko Hadi Purnomo (Koko) dan Any Sundari.

Narasumber Hasan Bahtiar, masih perjalanan ke Yogyakarta, saat ini masih  berada di Ponorogo. Dan akhirnya mendorong Fasilitator untuk mengeluarkan jurus-jurus supaya peserta pelatihan dan pedampingan akademi sigap untuk interaktif dalam mengeksplor apa saja terkait materi produk yang  kreatif dan inovatif.

Any Sundari : menjawab pertanyaan dari salah satu peserta terkait kerja sama pendanaan dengan pihka ketiga, YSID diminta YKAN pengembangan Kapasitas PEMKAM dan BUMKAM, belum sampai pada advokasi terkait tata kelola dan pendanaan, hal ini menjadikan catatan YSID yang akan kita bicarakan dengan konsorsium, dan akan dibahas ketika tatap muka nanti.

Koko : Menambahkan materi “Inovasi Berkelanjutan”.

Entrepreneurship : mengubah kotoran menjadi emas, akan mengalami proses.

Kreativitas  : kemampuan menciptakan sesuatu yang baru.

Inovasi : kreativitas yang diterima oleh pasar.

Menurut Koko ada kata ‘dan’ dan ‘tapi’ dalam Kreativitas dan Inovasi

Ada juga akronim “TAKUTIRUKO” yang terdiri dari :

  1. Tambahkan
  2. Kurangi
  3. Tiru
  4. Rubah
  5. Kombinasi

Dengan telaten Koko meladeni peserta untuk mengeksplor hal apa saja , terkait produk yang kreatif dan inovatif, berdasarkan kolom-kolom sesuai TAKUTIRUKO dengan simulasi:  Kolom tambahkan, kolom kurangi, kolom tiru, kolom rubah dan kolom kombinasi. Jangan takut harga tinggi, sepanjang ada unsur kreatif dan inovatif harga akan mengikuti. Dan masih ada satu kolom lagi pelayanan.

Ketika dibuka ruang interakif antara fasilitator dengan peserta, ada kejaian-kejadian yang terjadi, seperti suara anak kecil dari salah seorang peserta yang sedang mengobrol masuk arena webinar. Peserta lelakinya lebih pasif daripada peserta perempuannya pada siang hari ini. Ada juga peserta yang mengikuti webinar melalui HP dan posisinya masih dalam perjalanan.  (JUNAEDI – YSID).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *